Nyi Ageng Serang, Sang Pahlawan Perempuan dari Serang

Nyi Ageng Serang, Sang Pahlawan Perempuan dari Serang

 

Nyi Ageng Serang

Jika anda berkunjung ke kabupaten Kulon Progo, Serang, Banten, tepatnya di pusat perlimaan jalan utama Kulon Progo,
Anda bisa melihat patung seorang wanita yang sedang menaiki kuda dan membawa tombak dan bendera ditangannya.

Ialah Nyi Ageng Serang, seorang pahlawan asal Serang banten yg menjadi salah satu pejuang wanita yg gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan melawan penjajah di daerah Kulon Progo.
Nyi Ageng Serang memiliki nama lengkap Raden Kustiyah Wulaningsih Retno Edi. Dilahirkan di Serang, Tahun 1720, sebuah wilayah di Kabupaten Sragen yg merupakan batas wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wilayah ini berjarak sekitar 40 km dari Surakarta.

Nyi Ageng Serang merupakan putri dari Pangeran Natapraja, seorang penguasa dari Serang, Jawa Tengah yang juga merupakan Panglima Perang Sultan Hamengku Buwoni I.
Nyi Ageng juga merupakan salah satu keturunan dari Sunan Kalijaga. Selain itu, ia juga merupakan seorang cucu yg kelak akan menjadikan seorang pahlawan yakni, R.M Soewardi Surjaningrat atau Ki Hajar Dewantara.
Menyimpang dari adat kebiasaan yg kuat, Nyi Ageng Serang merupakan seorang wanita yang rajin mengikuti latihan-latihan kemiliteran dan siasat perang bersama dengan para prajurit pria. Ia pun sering ikut ayahnya turun ke medan perang untuk melawan penjajah. Hingga, setelah ayahnya wafat, ia kemudian diangkat menggantikan kedudukan ayahnya sebagai pemimpin Serang.

Dalam masa kepemimpinannya banyak rakyat kelaparan dan mengalami kesengsaraan akibat ulah dari penjajah belanda. Ia selalu membantu kesengsaraan rakyatnya dengan membagi-bagikan pangan. Selain itu, Ia terus melakukan perlawanan fisik untuk mengusir pasukan belanda dari tanah kelahirannya itu.

Dengan perjuangan gigihnya untuk memerdekakan Serang dari penjajah Belanda. Pada tahun 1828, Nyi Ageng Menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 76 tahun. Ia meninggalkan Serang sebagai daerah Merdeka. Atas jasa-jasanya terhad ap Negara, Nyi Ageng Serang dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional.

Jarmusda Lampung.

Categories